RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Disusun
guna memenuhi tugas mata kuliah Pendidikan IPA di SD
Dosen
pengampu: Arvilia wijayanti,S.Pd.,M.Pd
Disusun oleh:
Nama : Siti Choirun Nisa’
NPM : 13120207
Kelas : 3E
PROGDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PGRI SEMARANG
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah Dasar : SDN 1 SUSUKAN
Kelas/ Semester : VI/ 2
Tema
: Kesehatan Masyarakat
Waktu
: 1 x pertemuan (2 x 35 menit)
A. Kompetensi
Inti
1.
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran
agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
3.
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual
dengan cara mengamati, menanya dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
berakhlak mulia.
B.
Kompetensi
Dasar
1.
IPA
4.1 Merancang dan melaksanakan percobaan untuk membedakan
campuran dan larutan menggunakan bahan yang dikenal dalam kehidupan sehari-hari
2. Bahasa
Indonesia
4.1
Mengamati, mengolah dan menyajikan teks laporan investigasi tentang ciri khusus
makhluk hidup dan lingkungan, serta campuran dan larutan secara mandiri dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
C. Indikator
1. IPA
4.1.1
Mampu melakukan percobaan
tentang campuran dan larutan.
4.1.2
Mampu membedakan antara
campuran dan larutan dengan bahan yang di kenal dalam kehidupan sehari – hari.
2. Bahasa
Indonesia
4.1.1
Mampu memilih kosakata baku dalam penyajian teks laporan percobaan tentang
perbedaan campuran dan larutan.
D. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui
kegiatan menyimak penjelasan guru, siswa mampu melakukan percobaan untuk
membedakan campuran dan larutan dengan benar.
2. Melalui
kegiatan tanya jawab dan percobaan, siswa mampu membedakan antara campuran dan
larutan.
3. Melalui
kegiatan percobaan yang telah dilakukan, siswa mampu menyusun laporan percobaan
untuk membedakan campuran dan larutan dengan menggunakan bahasa baku secara
tepat.
E. Materi
Pokok (materi terlampir)
1. Percobaan
tentang campuran dan larutan.
2. Perbedaan
campuran dan larutan.
3. Laporan
percobaan.
F. Pendekatan
dan Metode
1. Pendekatan
: Scientific (mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi/eksperimen, menalar, mengkomunikasikan).
2. Metode :
ceramah, demonstrasi, tanya jawab, eksperimen, diskusi dan penugasan.
G. Kegiatan
Pembelajaran
Kegitan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi waktu
|
1.Pendahuluan
|
1. Guru
membuka pembelajaran dengan menyapa dan menanyakan kabar siswa.
2. Guru
meminta salah satu siswa untuk memimpin doa.
3. Guru
mengomunikasikan kehadiran siswa.
4. Guru
melakukan appersepsi dengan cara menunjukan bebrapa video percobaan.
5. Guru
memberi motivasi dari tujuan pembelajaran yang akan dilaksanakan
6. Siswa
mendengar penjelasan dari guru tentang kegiatan yang akan dilakukan hari ini
dan apa tujuan yang akan dicapai dari kegiatan tersebut dengan bahasa yang
sederhana dan mudah dipahami.
7. Guru
melakukan kegiatan penyegaran untuk membuat siswa bersemangat dengan mengajak
siswa bernyanyi lagu “Disini senang”
|
15 menit
|
2.Kegiatan Inti
|
1. Guru
mengenalkan kepada siswa tentang bahan – bahan yang akan digunakan untuk
percobaan.
2. Guru
memberikan contoh melakukan percobaan terhadap suatu bahan.
3. Guru
membentuk kelompok untuk melakukan percobaan, setiap kelompok terdiri dari
lima orang anak.
4. Guru
meminta siswa untuk melakukan pecobaan tentang campuran dan larutan dengan
bahan yang telah di siapkan oleh guru.
5. Setelah
selesai melakukan percobaan, guru meminta siswa untuk mengamati hasil
percobaan yang mereka lakukan untuk beberapa saat.
6. Guru
menjelaskan tentang apa ciri – ciri campuran dan ciri- ciri larutan.
7. Guru
bertanya kepada siswa bahan – bahan apa saja yang termasuk campuran ataupun
larutan berdasarkan pengamatan terhadap hasil percobaab yang dilakukan.
8. Guru
memberikan penguatan tentang bahan yang termasuk campuran dan larutan.
9. Guru
meminta siswa untuk membuat laporan percobaan dengan bahasa Indonesia yang
baku, yang terdiri atas judul, tujuan percobaan, alat dan bahan, cara kerja,
hasil percobaan, dan kesimpulan
10. Setelah
selesai salah satu siswa maju untuk membacakan laporanya.
11. Guru
memberikan penguatan terhadap laporan percobaan yang dibuat oleh siswa.
|
40 menit
|
3.Penutup
|
1. Guru
mengadakan evaluasi terhadap pembelajaran pada hari ini.
2. Guru
menanyakan kepada siswa tentang materi yang telah dipelajari.
3. Siswa
membuat kesimpulan dari pembelajaran dengan bantuan guru.
4. Memberi
tugas rumah kepada siswa.
5. Siswa
memimpin doa untuk mengakhiri pembelajaran.
|
15 menit
|
H. Alat dan
sumber belajar
1. Alat : beberapa
bahan seperti gula pasir, garam, tepung beras, susu cair, kopi, tanah, pasir, air
sabun, setiap bahan sebanyak 3 sendok makan, air sebanyak setengah gelas aqua
bekas, gelas aqua bekas, sendok, pensil, bolpoin, penggaris, dan buku tulis.
2. Sumber
belajar : guru dan buku paket/ buku siswa serta kegiatan
I. Penilaian
1.
Penilaian sikap
NO
|
NAMA
|
SIKAP
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Jumlah
|
||
1
|
|||||||
2
|
|||||||
3
|
|||||||
Pe
Pernyataan:
1. Rasa ingin tahu terhadap materi
unsur, senyawa dan campuran (rentang nilai 0 - 3).
2. Objektif dalam
mengelompok data pengamatan ( rentang nilai 0-5)
3. Teliti dalam mengidentifikasi unsur, senyawa dan campuran (rentang
nilai 0-5)
4. Jujur dalam
mengisi tabel pengamatan (rentang nilai 0-4)
5. Tanggung jawab
dalam diskusi kelompok (rentang nilai 0-3)
v
Cara penilaian:
Contoh :
2. Penilaian produk
No
|
Nama
siswa
|
Bahan + Air
|
Campuran
|
Larutan
|
1.
|
Chika Maulidiya
|
1.
Gula pasir
2.
Garam
3.
tepung beras
4.
susu cair
5.
kopi
6.
tanah
7.
pasir
8.
air sabun
|
|
|
2.
|
Sutejo
|
1.
Gula pasir
2.
Garam
3.
tepung beras
4.
susu cair
5.
kopi
6.
tanah
7.
pasir
8.
air sabun
|
|
|
9.
|
Vanessa Angel
|
1.
Gula pasir
2.
Garam
3.
tepung beras
4.
susu cair
5.
kopi
6.
tanah
7.
pasir
8.
air sabun
|
|
|
Keterangan:
Ber tanda (√) pada jawaban yang benar
3. Penilaian
kognitif
Butir –
butir soal:
a. Apa
perbedaan antara campuran dan larutan ?
b. Sebutkan
bahan – bahan yang termasuk campuran dan larutan dalam kehidupan sehari – hari!
(masing – masing minimal 5)
c. Jelaskan
langkah – langkah melakukan percobaan membedakan campuran dan larutan!
d.
Apa hubungan campuran dan
larutan?
e.
Sebutkan bahan-bahan dalam
kehidupan sehari-hari yang tidak dapat
terlarut dalam air?
Semarang,
17 Desember 2014
Mengetahui,
Dosen Mahasiswa
Dosen Mahasiswa
Arvilia wijayanti S.Pd,M.Pd
NIP.
LAMPIRAN MATERI
A. Langkah – langkah percobaan:
1. Siapkan bahan – bahan yang akan
digunakan.
2. Siapkan gelas aqua bekas yang sudah
diisi dengan air kira – kira setengah gelas aqua.
3. Masukan setiap bahan ke suatu gelas
kemudian berilah label sesuai bahan agar tidak tertukar.
4. Aduk hingga air dan bahan menyatu
dan amati sekitar 8 menit.
5. Amati perubahan yang terjadi pada
setiap campuran.
6. Tulis manakah bahan yang
termasuk campuran dan bahan yang termasuk larutan
B. Larutan
Larutan adalah campuran dua zat atau lebih yang terdiri dari
zat terlarut dan pelarut. Ukuran partikel larutan sangat kecil, kurang dari 1
mm, sehingga tidak dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop ultra sekalipun
dan tidak dapat dibedakan antara zat terlarut dan medium pelarutnya. Contoh
larutan gula, kita tidak bisa membedakan mana gula mana air dalam larutan gula.
Zat yang jumlahnya lebih sedikit di dalam larutan disebut
(zat) terlarut atau solut, sedangkan zat yang jumlahnya lebih banyak daripada
zat-zat lain dalam larutan disebut pelarut atau solven.Contoh larutan:
1)Larutan garam adalah campuran
homogen dari garam dalam air.
2)Larutan gula adalah campuran
homogen dari gula dalam air.
3)Larutan oralit adalah campuran
homogen dari gula dan garam dalam air.
C. Campuran
Campuran adalah materi yang terdiri
atas dua macam zat atau lebih dan masih memiliki sifat-sifat zat aslinya. Jika
kita mencapur minyak dengan air, terlihat ada batas di antara kedua cairan
tersebut. Jika kita mencampur dengan alkohol, batas antara keduanya tidak
terlihat. Minyak dan air membentuk campuran heterogen.
1.
Campuran heterogen adalah campuran yang tidak serbasama, membentuk dua fasa
atau lebih, dan terdapat batas yang jelas di antara fasa-fasa tersebut. Alkohol
dan air membentuk campuran homogen.Contoh campuran heterogen:
a.campuran tepung beras dengan air
b.campuran kapur dengan pasir
c.campuran serbuk besi dengan karbon
2.
Campuran homogen adalah campuran yang serbasama di seluruh bagiannya dan
membentuk satu fasa.Contoh campuran homogen:
a.campuran gula atau garam dapur
dengan air
b.air teh yang sudah disaring
c.campuran gas di udara
Campuran homogen biasa disebut larutan. Dan yang membedakan
antara campuran dan larutan adalah kalau campuran menimbulkan endapan, atau zat
terlarut dan pelarutnya bisa di bedakan dan dapat terlihat. Kalau larutan zat
terlarut dan pelarutnya melebur menjadi satu sehingga tidak bisa terlihat mana
zat pelarut dan mana zat terlatut dan tidak menimbulkan endapan.
Larutan adalah campuran homogen antara zat terlarut (solute)
dan zat pelarut (solvent). Larutan dapat berwujud padat, cair, dan gas.
1) Larutan berwujud padat.
Larutan berwujud padat bisa
ditemukan pada paduan logam. Contohnya kuningan yang merupakan paduan seng dan
tembaga.
2) Larutan berwujud cair.
Contohnya, larutan gula dalam
pelarut air.
3) Larutan dalam wujud gas.
Contohnya, uang yang terdiri atas
bermacam-macam gas, diantaranya adalah nitrogen, oksigen, dan karbon dioksida.
D. Laporan Percobaan
CAMPURAN DAN LARUTAN
1. Tujuan : Membedakan campuran dan
larutan.
2. Alat dan bahan :
Alat : beberapa bahan seperti gula pasir, garam,
tepung beras, susu cair, kopi, tanah, pasir, air sabun, setiap bahan sebanyak 3
sendok makan, air sebanyak setengah gelas aqua bekas.
Bahan : gelas aqua bekas,
sendok, pensil, bolpoin, penggaris, dan buku tulis.
3. Cara
kerja :
a. Siapkan bahan – bahan yang akan
digunakan.
b. Siapkan gelas aqua bekas yang sudah
diisi dengan air kira – kira setengah gelas aqua.
c. Masukan setiap bahan ke suatu gelas
kemudian berilah label sesuai bahan agar tidak tertukar.
d. Aduk hingga air dan bahan menyatu
dan amati sekitar 8 menit.
e. Amati perubahan yang terjadi pada
setiap campuran.
f. Tulis manakah bahan yang
termasuk campuran dan bahan yang termasuk larutan
4. Hasil percobaan :
a. Bahan yang termasuk campuran :tepung
beras, kopi, tanah, pasir,
b. Bahan yang termasuk larutan : gula
pasir, garam, susu cair dan air sabun.
5. Kesimpulan
Campuran terdapat endapan dan larutan tidak terdapat
endapan.
MGM Resorts: Betting guide to the Wynn & Encore, Las Vegas
BalasHapusWhat are the different types 경상북도 출장마사지 of bets? The main bet you will see 속초 출장마사지 is the risk-free bet and the 나주 출장샵 cash out, but also 공주 출장안마 what is a risk-free bet in 원주 출장마사지 the