Pembelajaran Aktif
pembelajaran
aktif adalah pembelajaran yang bisa memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk aktif membangun sendiri konsep dan makna melalui berbagai kegiatan.
1. Cara
Belajar Siswa Aktif
Cara belajar siswa aktif (CBSA) adalah
pemebelajaran baru, interaktive learning yang diharapkan mampu membawa
perubahan, pembaharuan menyusun kembali struktur dan merumuskan kembali
masalh-masalah pendidikan demi kemajuan pendidikan, khususnya bidang pembelajaran.
Prinsip-prinsip CBSA:
a. Prinsip
motivasi
b. Prinsip
kompleks
c. Prinsip
keterarahan
d. Prinsip
sosialisasi
e. Prinsip
belajar sambil bekerja
f. Prinsip
individualisasi
g. Prinsip
inkuiri
h. Prinsip
pemecahan masalah
2. Active
Learning in School
Active Learning in School (ALIS) adalah pemeblajaran
aktif yang dilakukan di setiap sekolah-sekolah untuk para siswa, untuk
membedakannya dari yang diterapkan di perguruan tinggi bagi mahasiswa.
Prinsip-prinsip pembelajaran aktifnya
sebagai berikut:
a. Prinsip
melakukan
b. Prinsip
menggunakan seluruh alat indra (pancaindra)
c. Prinsip
eksplorasi lingkungan
Startegi-strategi
dalam pembelajaran aktif:
a. Terpusat
pada siswa (student centered)
b. Terkait
dengan kehidupan nyata
c. Diferensiasi
d. Menjadikan
lingkungan sebgai media/sumber belajar
e. Mengembangkan
berpikir tingkat tinggi
f. Memerankan
guru sebgai fasilitator
g. Memberikan
umpan balik
3. Active
Learning For Higher Education
Active
Learning For Higher Education
(ALFHE) adalah pembelajaram aktif yang
dilakukan di tingkat perguruan tinggi.
Model
pembelajaran yang diterapkan di ALIS, CBSA, maupun di ALFHE:
a. Experimental
learning
b. Pembelajaran
terpadu
c. Pembelajaran
kooperatif
d. Metode
studi khusus
e. Simulasi
f. Bermain
peran
g. Tutor
sebaya
h. Kerja
lapangan
i.
Belajar mandiri
j.
Tugas perpustakaan
k. Computer-aided
intruction (CAI)
l.
Serta leson study
·
Kelebihan
dan Kekurangan pembelajaran aktif
a) Kelebihan
pembelajaran aktif
1. Meningkatkan
ketrampilan peserta didik diantaranya: ketrampilan berfikir, ketrampilan
memecahkan masalah dan ketrampilan komunikasi.
2. Meningkatakan
keterlibatan aktif peserta didik.
3. Meningkatkan
ingatan peserta didik pada konsep yang dipelajari.
4. Meningkatkan
rasa memiliki proses pembelajaran.
5. Mengurangi
ceramah guru.
6. Meningkatkan
gairah belajar di kelas.
7. Melibatkan
aktifitas berpikir yang lebih tinggi.
b) Kekurangan
pembelajaran aktif
1. Tidak
bisa menyelesaikan silabus.
2. Tidak
bisa mengontrol kelas.
3. Peserta
didik tidak melakukan apa yang di inginkan guru.
4. Peserta
didik banyak yang tidak menyukai.
Peserta
didik susah diajak dalam bermain tim
Sumber
: soegeng Ysh.,A.Y.2012.Pengembangan Sistem
pembelajaran.Semarang:IKIP PGRI Semarang Press
pembelajaran.Semarang:IKIP PGRI Semarang Press
5 best casinos that have bonuses on youtube - Videodl.cc
BalasHapusI can also tell you that most of these casinos do not reward players to play games for download youtube videos real money. Here, they use incentives for free money to