Senin, 22 Desember 2014

pembelajaran aktif

Pembelajaran Aktif
pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang bisa memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif membangun sendiri konsep dan makna melalui berbagai kegiatan.
1.      Cara Belajar Siswa Aktif
Cara belajar siswa aktif (CBSA) adalah pemebelajaran baru, interaktive learning yang diharapkan mampu membawa perubahan, pembaharuan menyusun kembali struktur dan merumuskan kembali masalh-masalah pendidikan demi kemajuan pendidikan, khususnya bidang pembelajaran.
Prinsip-prinsip CBSA:
a.       Prinsip motivasi
b.      Prinsip kompleks
c.       Prinsip keterarahan
d.      Prinsip sosialisasi
e.       Prinsip belajar sambil bekerja
f.       Prinsip individualisasi
g.      Prinsip inkuiri
h.      Prinsip pemecahan masalah
2.      Active Learning in School
Active Learning in School (ALIS) adalah pemeblajaran aktif yang dilakukan di setiap sekolah-sekolah untuk para siswa, untuk membedakannya dari yang diterapkan di perguruan tinggi bagi mahasiswa.
Prinsip-prinsip pembelajaran aktifnya sebagai berikut:
a.       Prinsip melakukan
b.      Prinsip menggunakan seluruh alat indra (pancaindra)
c.       Prinsip eksplorasi lingkungan
Startegi-strategi dalam pembelajaran aktif:
a.       Terpusat pada siswa (student centered)
b.      Terkait dengan kehidupan nyata
c.       Diferensiasi
d.      Menjadikan lingkungan sebgai media/sumber belajar
e.       Mengembangkan berpikir tingkat tinggi
f.       Memerankan guru sebgai fasilitator
g.      Memberikan umpan balik
3.      Active Learning  For Higher Education
Active Learning  For Higher Education (ALFHE)  adalah pembelajaram aktif yang dilakukan di tingkat perguruan tinggi.
Model pembelajaran yang diterapkan di ALIS, CBSA, maupun di ALFHE:
a.       Experimental learning
b.      Pembelajaran terpadu
c.       Pembelajaran kooperatif
d.      Metode studi khusus
e.       Simulasi
f.       Bermain peran
g.      Tutor sebaya
h.      Kerja lapangan
i.        Belajar mandiri
j.        Tugas perpustakaan
k.      Computer-aided intruction (CAI)
l.        Serta leson study
·         Kelebihan dan Kekurangan pembelajaran aktif
a)      Kelebihan pembelajaran aktif
1.      Meningkatkan ketrampilan peserta didik diantaranya: ketrampilan berfikir, ketrampilan memecahkan masalah dan ketrampilan komunikasi.
2.      Meningkatakan keterlibatan aktif peserta didik.
3.      Meningkatkan ingatan peserta didik pada konsep yang dipelajari.
4.      Meningkatkan rasa memiliki proses pembelajaran.
5.      Mengurangi ceramah guru.
6.      Meningkatkan gairah belajar di kelas.
7.      Melibatkan aktifitas berpikir yang lebih tinggi.
b)      Kekurangan pembelajaran aktif
1.      Tidak bisa menyelesaikan silabus.
2.      Tidak bisa mengontrol kelas.
3.      Peserta didik tidak melakukan apa yang di inginkan guru.
4.      Peserta didik banyak yang tidak menyukai.
Peserta didik susah diajak dalam bermain tim


Sumber : soegeng Ysh.,A.Y.2012.Pengembangan Sistem
                 pembelajaran.Semarang:IKIP PGRI Semarang Press
              





1 komentar:

  1. 5 best casinos that have bonuses on youtube - Videodl.cc
    I can also tell you that most of these casinos do not reward players to play games for download youtube videos real money. Here, they use incentives for free money to

    BalasHapus