Pendekatan
SETS
I.
PENGERTIAN
Pendekatan SETS
harusmemberikankepadasiswapengetahuan yang
sesuaidengantingkatanpendidikannya.Isi pendidikan SETS
diberikansesuaidenganhasilpendidikan yang ditargetkan.Hubungan yang tepatantara
SETS
dalampembahasannyaadalahketerkaitanantaratopikbahasandengankehidupansehari-harisiswa.
Sasaranpengajaran SETS adalahcaramembuatsiswa agar dapatmelakukanpenyelidikanuntukmendapatkanpengetahuan yang berkaitandenganSains, lingkungan, teknologidanmasyarakat yang berkaitan. Dengan kata lain, siswadibawapadasuasana yang dekatdengankehidupannyatasiswasehinggadiharapkansiswadapatmengembangkanpengetahuan yang telahmerekamilikiuntukdapatmenyelesaikanmasalah-masalah yang diperkirakanakantimbul di sekitarkehidupannya.
Pendidikan SETS padahakikatnyaakanmembimbingsiswauntukdapatberfikir global danbertindaklokalmaupun global dalammemecahkanmasalah yang dihadapisehari-hari.
Unsur-unsur SETS tidakdapatdipisahkansatusama lain. Di dalambidangpendidikan, yang khususnyamenjadifokusadalahsains.Dengansainssebagaifokusperhatian, guru dansiswa yang menghadapipelajaransainsdapatmelihatbentukketerkaitandariilmu yang dipelajari (sains) denganunsur lain dalam SETS.
Jadidapatdipahamibahwamelaluipendekatan SETS, siswadiajakuntukmengenalteknologi, danmenganalisisdampakbaikpositifmaupunnegatifdariteknologitersebut. Padaakhirnyasiswadiharapkanmampumenerapkankonseptenologidanpengetahuan yang telahdidapatnyadalamkehidupansehari-hari.
Sasaranpengajaran SETS adalahcaramembuatsiswa agar dapatmelakukanpenyelidikanuntukmendapatkanpengetahuan yang berkaitandenganSains, lingkungan, teknologidanmasyarakat yang berkaitan. Dengan kata lain, siswadibawapadasuasana yang dekatdengankehidupannyatasiswasehinggadiharapkansiswadapatmengembangkanpengetahuan yang telahmerekamilikiuntukdapatmenyelesaikanmasalah-masalah yang diperkirakanakantimbul di sekitarkehidupannya.
Pendidikan SETS padahakikatnyaakanmembimbingsiswauntukdapatberfikir global danbertindaklokalmaupun global dalammemecahkanmasalah yang dihadapisehari-hari.
Unsur-unsur SETS tidakdapatdipisahkansatusama lain. Di dalambidangpendidikan, yang khususnyamenjadifokusadalahsains.Dengansainssebagaifokusperhatian, guru dansiswa yang menghadapipelajaransainsdapatmelihatbentukketerkaitandariilmu yang dipelajari (sains) denganunsur lain dalam SETS.
Jadidapatdipahamibahwamelaluipendekatan SETS, siswadiajakuntukmengenalteknologi, danmenganalisisdampakbaikpositifmaupunnegatifdariteknologitersebut. Padaakhirnyasiswadiharapkanmampumenerapkankonseptenologidanpengetahuan yang telahdidapatnyadalamkehidupansehari-hari.
II.
Tahap-tahapPendekatan SETS
a. Tahapinvitasi
b. Tahapeksplorasi
c. Tahapsolusi
d. Tahapaplikasi
III.
Kelebihan SETS
Menurut Ismail
pendekatan SETS memilikikeunggulansebagaiberikut.
a. Menghindarimateri oriented dalampendidikantanpatahumasalah-masalahdimasyarakatsecaralokal,
nasional, maupuninternasional.
b. Mempunyaibekal yang
cukupbagipesertadidikuntukmenyongsong era globalisasi
c.
Membekalipesertadidikdengankemampuanmemecahkanmasalah-masalahdenganpenalaransains,
lingkungan, teknologidanmasyarakatsecara integral baik di dalamataupun di
luarkelas.
d. Pengajaransainslebihbermaknakarenalangsungberkaitandenganpermasalahan
yang muncul di kehidupankesehariansiswatentangperanansainsdalamkehidupannyata.
e.
Meningkatkankemampuansiswauntukmengaplikasikankonsep, keterampilan, proses,
kreativitas, dansikapmeghargaiprodukteknologisertabertanggungjawabatasmasalah
yang muncul di lingkungan.
f.
Kegiatankelompokdapatmemupukkerjasamaantarsiswadansikaptoleransidansalingmenghargaipendapatteman
g.
Mengaplikasikansuatugagasanataupenciptaansuatukarya yang
dapatbermanfaatbagimasyarakatmaupunbagiperkembangansainsdanteknologi.
DengandemikianpendekatanSETS dapatmembantusiswadalammengetahuisains, teknologi
yang
digunakannyasertaperkembangansainsdanteknologidapatberpengaruhterhadaplingkungandanmasyarakat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar