Senin, 22 Desember 2014

pendekatan SETS



Pendekatan SETS
I.            PENGERTIAN
Pendekatan SETS harusmemberikankepadasiswapengetahuan yang sesuaidengantingkatanpendidikannya.Isi pendidikan SETS diberikansesuaidenganhasilpendidikan yang ditargetkan.Hubungan yang tepatantara SETS dalampembahasannyaadalahketerkaitanantaratopikbahasandengankehidupansehari-harisiswa.
Sasaranpengajaran SETS adalahcaramembuatsiswa agar dapatmelakukanpenyelidikanuntukmendapatkanpengetahuan yang berkaitandenganSains, lingkungan, teknologidanmasyarakat yang berkaitan. Dengan kata lain, siswadibawapadasuasana yang dekatdengankehidupannyatasiswasehinggadiharapkansiswadapatmengembangkanpengetahuan yang telahmerekamilikiuntukdapatmenyelesaikanmasalah-masalah yang diperkirakanakantimbul di sekitarkehidupannya.
            Pendidikan SETS padahakikatnyaakanmembimbingsiswauntukdapatberfikir global danbertindaklokalmaupun global dalammemecahkanmasalah yang dihadapisehari-hari.
Unsur-unsur SETS tidakdapatdipisahkansatusama lain. Di dalambidangpendidikan, yang khususnyamenjadifokusadalahsains.Dengansainssebagaifokusperhatian, guru dansiswa yang menghadapipelajaransainsdapatmelihatbentukketerkaitandariilmu yang dipelajari (sains) denganunsur lain dalam SETS.
            Jadidapatdipahamibahwamelaluipendekatan SETS, siswadiajakuntukmengenalteknologi, danmenganalisisdampakbaikpositifmaupunnegatifdariteknologitersebut. Padaakhirnyasiswadiharapkanmampumenerapkankonseptenologidanpengetahuan yang telahdidapatnyadalamkehidupansehari-hari.
II.            Tahap-tahapPendekatan SETS 
a.       Tahapinvitasi 
b.      Tahapeksplorasi
c.       Tahapsolusi
d.      Tahapaplikasi

III.            Kelebihan SETS
Menurut Ismail pendekatan SETS memilikikeunggulansebagaiberikut.
a. Menghindarimateri oriented dalampendidikantanpatahumasalah-masalahdimasyarakatsecaralokal, nasional, maupuninternasional.
b. Mempunyaibekal yang cukupbagipesertadidikuntukmenyongsong era globalisasi
c. Membekalipesertadidikdengankemampuanmemecahkanmasalah-masalahdenganpenalaransains, lingkungan, teknologidanmasyarakatsecara integral baik di dalamataupun di luarkelas.
d. Pengajaransainslebihbermaknakarenalangsungberkaitandenganpermasalahan yang muncul di kehidupankesehariansiswatentangperanansainsdalamkehidupannyata.
e. Meningkatkankemampuansiswauntukmengaplikasikankonsep, keterampilan, proses, kreativitas, dansikapmeghargaiprodukteknologisertabertanggungjawabatasmasalah yang muncul di lingkungan.
f. Kegiatankelompokdapatmemupukkerjasamaantarsiswadansikaptoleransidansalingmenghargaipendapatteman
g. Mengaplikasikansuatugagasanataupenciptaansuatukarya yang dapatbermanfaatbagimasyarakatmaupunbagiperkembangansainsdanteknologi. DengandemikianpendekatanSETS dapatmembantusiswadalammengetahuisains, teknologi yang digunakannyasertaperkembangansainsdanteknologidapatberpengaruhterhadaplingkungandanmasyarakat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar