Selasa, 09 Desember 2014

siklus belajar



3. siklus belajar
v  Kekurangan
·         Guru kurang menguasai materi menyebabkan ke efektifan belajar rendah
·         Memerlukan pengelolaan yang lebih terencana dan terorganisasi
·         Menyusun rencana dan pelaksanaan pembelajaran akan memerlukan waktu dan tenaga cukup banyak sehingga kurang efisien
·         Dalam merancang dan pelaksanakan proses pembelajaran masih menuntut kesungguhan dan kreativitas guru
4. model pembelajaran paikem
v  Kelebihan
·         Lebih mengembangkan potensi dalam diri anak
·         Siswa saling bertukar pikiran dengan teman yang lain
·         Mendorong siswa menghasilkan karya kreatif
·         Mendorong siswa mencapai sukses
·         Saling meenghargai pendapat siswa satu dengan siswa lainnya
·         Paikem disekolah harus ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya
·         Dengan adanya variasi belajar siswa akan lebih termotivasi untuk belajar
·         Peserta didik dapat mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya
·         Peserta didik tidak jenuh dengan pembelajaran di kelas
·         Peserta didik dapat memecahkan masalah dengan memanfaatkan lingkungan sekitar
·         Mental dan fisik peserta didik akan terasah secara optimal
v  Kekurangan
·         Guru masih membedakan antara siswa laki-laki dan siswa perempuan, pintar atau kurang pintar, sosial, tinggi rendahnya ekonomi
·         Pengelompokan siswa dalam segi tepat duduk, kegiatan yang dilakukan siswa kurang mencerminkan pembelajaran kooperatif
·         Guru kurang mengerti tentang model pembelajaran pakem yang baik
·         Guru dalam menilai siswa masih menggunakan lembar kerja siwa (LKS) yang pertanyaannya bersifat tertutup
·         Kurangnya alat dan bahan guru dalam pembelajaran mengakibatkan model pembelajaran pakem kurang maksimal
·         Guru harus memperhatikan kebutuhan setiap siswa baik dari segi mental maupun fisik
·         Kurangnya sarana dan prasana mengakibatkansekolah-sekolah yang didaerah terpencil belum bisa menerapkan model pembelajaran pakem ini.
5. STM
v  Kelebiahan
·         Siswa dapat mengaitkan apa yang diperoleh dari sekolah dengan masalah yang terjadi di kehidupan nyata
·         Siswa dapat menggunakan teknologi dalam memecahkan masalah sosial
·         Siswa mejadi lebih kreatif
·         Siswa dapat melihat bahwa sains adalah alat uamg dapat digunakan untuk memecahkan masalah
·         Siswa akan menyadari bahwa proses-prose sains penting untuk dipelajari
·         Siswa lebih tanggap terhadap pembelajaran
v  Kekurangan
·         Jika guru kurang menguasai sains teknologi maka guru susah untuk mentransfer materi ke siswanya
·         Model pembelajaran STM ini tidak cocok untuk diterpkan dikelas rendah
·         Kurangnya fasilitas pendukung mengakibatkan kendala dalam pembelajaran STM



Tidak ada komentar:

Posting Komentar