3. siklus belajar
v Kekurangan
·
Guru kurang menguasai materi menyebabkan
ke efektifan belajar rendah
·
Memerlukan pengelolaan yang lebih
terencana dan terorganisasi
·
Menyusun rencana dan pelaksanaan
pembelajaran akan memerlukan waktu dan tenaga cukup banyak sehingga kurang
efisien
·
Dalam merancang dan pelaksanakan proses
pembelajaran masih menuntut kesungguhan dan kreativitas guru
4. model pembelajaran
paikem
v Kelebihan
·
Lebih mengembangkan potensi dalam diri
anak
·
Siswa saling bertukar pikiran dengan
teman yang lain
·
Mendorong siswa menghasilkan karya
kreatif
·
Mendorong siswa mencapai sukses
·
Saling meenghargai pendapat siswa satu
dengan siswa lainnya
·
Paikem disekolah harus ditingkatkan
kualitas dan kuantitasnya
·
Dengan adanya variasi belajar siswa akan
lebih termotivasi untuk belajar
·
Peserta didik dapat mengembangkan
potensi yang ada dalam dirinya
·
Peserta didik tidak jenuh dengan
pembelajaran di kelas
·
Peserta didik dapat memecahkan masalah
dengan memanfaatkan lingkungan sekitar
·
Mental dan fisik peserta didik akan terasah
secara optimal
v Kekurangan
·
Guru masih membedakan antara siswa
laki-laki dan siswa perempuan, pintar atau kurang pintar, sosial, tinggi
rendahnya ekonomi
·
Pengelompokan siswa dalam segi tepat
duduk, kegiatan yang dilakukan siswa kurang mencerminkan pembelajaran
kooperatif
·
Guru kurang mengerti tentang model
pembelajaran pakem yang baik
·
Guru dalam menilai siswa masih menggunakan
lembar kerja siwa (LKS) yang pertanyaannya bersifat tertutup
·
Kurangnya alat dan bahan guru dalam
pembelajaran mengakibatkan model pembelajaran pakem kurang maksimal
·
Guru harus memperhatikan kebutuhan
setiap siswa baik dari segi mental maupun fisik
·
Kurangnya sarana dan prasana
mengakibatkansekolah-sekolah yang didaerah terpencil belum bisa menerapkan
model pembelajaran pakem ini.
5. STM
v Kelebiahan
·
Siswa dapat mengaitkan apa yang
diperoleh dari sekolah dengan masalah yang terjadi di kehidupan nyata
·
Siswa dapat menggunakan teknologi dalam
memecahkan masalah sosial
·
Siswa mejadi lebih kreatif
·
Siswa dapat melihat bahwa sains adalah
alat uamg dapat digunakan untuk memecahkan masalah
·
Siswa akan menyadari bahwa proses-prose
sains penting untuk dipelajari
·
Siswa lebih tanggap terhadap
pembelajaran
v Kekurangan
·
Jika guru kurang menguasai sains
teknologi maka guru susah untuk mentransfer materi ke siswanya
·
Model pembelajaran STM ini tidak cocok
untuk diterpkan dikelas rendah
·
Kurangnya fasilitas pendukung
mengakibatkan kendala dalam pembelajaran STM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar